Kamis, 15 Maret 2012

Cara Mengganti Icon Favicon Di Blogger (Untuk Pemula)


 
Secara default, Favicon pada blog kita otomatis berlogo blogger, adalah simbol B dengan background jingga. untuk mengganti favicon tersebut caranya sangat mudah, sebelum menggantinya, ada sedikit penjelasan favicon, bagi yang belum tahu semoga dapat membantu. Favicon adalah gambar yang terletak pada address bar browser kita.

Seperti yg di tunjukkan pada gambar di bawah ini.
.






Untuk Menggantinya, login ke blogger > Rancangan > Edit HTML, lalu cari kode dibawah ini

 <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Lalu tambah kan kode ini dibawah kode diatas :
<link href='URL-GAMBAR' rel='shortcut icon'/>
Save template, maka Favicon pada blog anda akan berubah sesuai gambar yang anda inginkan.

Keterangan :

URL-GAMBAR : Ganti url gambar yang anda inginkan contoh :
<link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJr4UoRqNhpmcFzy4AXxPCOItKNa6nDokoReF1V7BP1dPu6JurVy3laanmlLe29NND6084JxGRhEkx-3DGnimQL6RByYtTD5vNP3slvfRmrMGZOOt692hRLb3JtDhMainSueYPjZ8tTK0/s128/c.jpg' rel='shortcut icon'/>

Bagi Anda yang menguasai software grafis, Anda boleh membuat sebuah logo dengan Adobe Photoshop, Illustrator, CorelDraw, atau software grafis apapun yang Anda kuasai. Lalu ekspor ke gif, png atau jpg. Jika Anda tidak menguasai software grafis, anda bisa gunakan icon gratis dengan googling atau bahkan foto yang ada di harddisk anda.
maka untuk membuatnya  bisa mengunjungi salah satu penyedia favicon convert ekstensi ke .ico yaitu di website FavIcon from Pics

Lalu upload file tersebut ke website FavIcon from Pics dengan menekan Browse. Contreng pilihan "Animate Favicon" jika anda menginginkan favicon animasi. Lalu klik "Generate Favicon.ico". kemudian ikuti langkah-langkah dalam situs tersebut.
lalu ambil alamat URL favicon-nya dan masukan alamat URL  seperti contoh yg di atas.
Simpan Template. 
Lihat hasilnya. Jika favicon belum muncul, refresh browser.

Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar